Blog

images
Melukis juga bisa digunakan sebagai aktifitas dalam menyalurkan emosi yang positif bagi anak.

Melukis berguna untuk meningkatkan kemampuan seni sianak. Si anak belajar bagaimana melukis semua hal, sesuai dengan imajinasi dan  kreativitasnya. Hal-hal yang dikenal maupun tidak dikenalnya, Benda yang biasa ia lihat atau bahkan belum pernah sekalipun dilihat. Selain itu, ia juga belajar mengabungkan antara warna, merangkai objek-objek gambar, sehingga terciptalah  karya seni si kecil dalam media kertas maupun kanvas.

Nah, selain meningkatkan kemampuan seni, melukis juga penting karena berguna untuk mengekspresikan emosi anak. Orangtua bisa melihatnya dari pilihan warna-warna yang digunakan dalam melukis, misalnya anak lebih memilih warna-warna yang cerah, ada kemungkinan hati sikecil sedang gembira saat itu. Melukis juga bisa digunakan sebagai media penyalur emosi yang positif. Daripada hanya menangis yang tidak jelas (tantrum), kita dapat menyalurkan emosinya dengan membuat coret-coretan di atas media kertas ataupun kanvas.

Selain itu, melukis juga bisa menjadi buah ekspresi kecerdasan interpersonal anak. Bagaimana hubungan sianak dengan orang-orang terdekatnya, yaitu keluarga dan teman-temannya. Bagaimana aktivitas, interaksi, dan komunikasi sianak yang diekspresikan dalam lukisan. Misal, ia bercerita bagaimana menyenangkannya saat makan bersama dirumah.

Sediakan Alat Bantu Menggambar

Bantulah sianak agar dapat meningkatkan kemampuannya dalam berkreatifitas dalam berseni.  Sediakan kertas gambar atau kanvas sebagai tempat sianak dalam melukis. dan juga sediakan pensil warna ataupun kuas dan cat. Alat yang digunakan tidak perlu yang mahal, beli dan gunakan media yang murah saja. Karena manfaatnya sama saja untuk sianak. Kalau anak mulai suka menggambar dinding, lapisi dinding dengan plastik bening agar mudah dibersihkan. Melapisi dinding dengan plastik cukup setinggi tubuhnya saja, namun memanjang sehingga tempat yang bisa dicoret-coret cukup luas untuk sianak. Orangtua bisa membeli plastik meteran di toko plastik, pilihlah pelastik yang murah agar lebih murah.

Sesekali, sediakan kertas atau kanvas yang agak besar. Agar tidak membuat berantakan rumah, lakukan di luar rumah seperti di teras atau halaman rumah. Jika kurang luas, pergi ketempat yang lebih terbuka seperti ke taman dekat rumah. disana sianak akan lebih bersemangat karena suasananya lebih menunjang untuk beraktifitas. Biarkan ia menggunakan cat air sesukanya tetapi tetap dampingi. Di beberapa kota yang sering diadakan program car free day, biasanya ada tempat yang bisa digunakan anak-anak untuk melukis di atas aspal dengan menggunakan kapur tulis. Jika di kota anda diadakan program tersebut, boleh ajak si anak menikmati program ini. Kemampuan memegang pensil warna/kuas cat air berguna bagi sianak untuk mengasah kemampuan motorik halusnya.

(Sumber: Tabloid Nakita)

Share this post

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *